5/13/2009

Teori dasar listrik

sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya terlebih dahulu kita mempelajari sedikit tentang teori dasar listrik.

1.TEGANGAN LISTRIK
Muatan listrik yang terdapatpada zat dapat di gerakan dan akirnya menghasilkan arus listrik,gaya itulah yang di namakan tegangan listrik.satuan tegangan listrik adalah volt(v).
Satuan listrik yang lebih besar adalah kilovolt dan megavolt.
1 kilovolt = 1000 volt
1 megavolt = 1000kilovolt.
satuan listrik yang lebih kecil adalah mllivolt
1 volt = 1ooo millivolt.

2. Arus listrik.
arus listrik dalam penghantar adalah gerak elektron membawa muatan negatif,sedangkan kita berpendapat arus listrik dengan muatan positif,dengan arah yang berlawanan.Listrik mengalirkan arus dari tegangan yang tinggi ke tegangan yang rendah.
Benda yang dapat menghasilkan arus listrik di sebutsumber arus listrik,Kuat arus adalah arus listrik yang mengalir melalui penghantar selama satu detik.Satuan kuat arus adalah Ampere(a).

Tahanan listrik.
tahanan atau hambatan listrik ialah suatu mengurangi arus listrik.Arus listrik yang mengalir melalui konduktor dari kawat penghantar/konduktor akan mendapatkan tahanan dari konduktor itu sendiri.
tegangan listrik tahanan dan kuat arus adalah besaran-besaran listrik yang saling berpengaruhsatu sama lain.jika tegangan di naikan maka arus yang mengalir juga akan ikut naik,bila tegangan tetap tapi tahanan beban naik maka arus listrik menjadi lebih kecil.

Daya listrik.
daya listrik adalah besarnya energi listrik yang di perlukan oleh beban selama satu detik.

Arus AC
Alternateng curen atau arus bolak balik,arus yang mengalir tidak tetap,yaitu dari positif ke negatif dan dari negatif ke positif,sumber arus ACdari listrik PLN dan generator.
Arus DC atau direct curent arus searah sumbernya dari akumulator adaptor dan lain-lain.

.
script src="http://kumpulblogger.com/sca.php?b=48023" type="text/javascript">

Tidak ada komentar:

Posting Komentar